facebook logo

7 Langkah Simple Merawat Tanaman Agar Apartemen Anda Asri dan Sejuk

27 Agustus 2020 Administrator
7 Langkah Simple Merawat Tanaman Agar Apartemen Anda Asri dan Sejuk

Ketika setiap hari bisa melihat pemandangan cantik dari tanaman-tanaman yang ada di pekarangan apartemen, tentu hal ini semakin membuat hunian terasa menyenangkan. Pemandangan alami yang hijau dari dedaunan dan warna-warni bunga akan membuat perasaan senang dan pikiran kembali fresh. Supaya tanaman yang ditanam di pekarangan bisa tumbuh dengan baik, maka dibutuhkan pemahaman cara merawat tanaman yang cukup. Anda harus tahu bahwa tidak semua tanaman mampu tumbuh dengan baik jika tidak diberikan perawatan khusus.  

Memahami cara merawat tanaman menjadi modal penting supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Berikut adalah cara merawat tanaman di pekarangan yang mudah dicoba. Merawat tumbuhan di apartemen memang membawa tantangan tersendiri. Bahkan ketika Anda merasa sudah merawatnya dengan maksimal, tumbuhan-tumbuhan Anda tetap layu. Apabila Anda memang menyukai tanaman dan merasa kesulitan untuk merawatnya di apartemen, simak 7 langkah simple yang bisa anda lakukan untuk merawat tanaman di apartemen anda. 

 

  1. Letakan Tanaman dengan Pencahayaan yang Tepat

Apartemen terkenal dengan pencahayaannya yang minim. Maka dari itu perlu adanya perhatian khusus bagi tanaman yang membutuhkan cahaya agar dapat tumbuh dengan baik di lahan yang terbatas. Sebelum memulai untuk menanam tanaman hias, carilah tempat yang sering terkena sinar matahari, contohnya balkon apartemen. Dengan meletakkan tanaman hias di balkon tanaman hias bisa mendapatkan sinar matahari yang optimal. 

Agar ruangan apartemen tidak terkesan sempit, tempatkanlah tanaman di tempat yang sesuai dan mudah untuk dipindahkan. Beberapa tanaman hias indoor perlu sinar matahari langsung setelah lama diletakkan di dalam ruangan. Karena beberapa tanaman hias indoor hanya membutuhkan sedikit sinar matahari langsung. 

  1. Pilihlah Tanaman yang Sesuai

Karena apartemen merupakan lahan terbatas, ada kalanya pemilihan tanaman ikut dipertimbangkan. Anda dapat memilih tanaman yang tumbuhnya lama dengan rentang tinggi yang pas untuk ruangan di apartemen Anda. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan kondisi pencahayaan yang ada di apartemen. Pilihlah jenis tanaman hias yang ukurannya kecil agar tidak terlalu memenuhi ruangan apartemen. Kamu bisa memilih tanaman hias seperti lily paris, kaktus, sansieverra, ataupun anggrek bulan.

  1. Sirami Tanaman Secara Rutin Berkala

Cara merawat tanaman selanjutnya adalah dengan menyiramnya secara teratur. Setiap tanaman tentu membutuhkan air sebagai kebutuhan pertumbuhannya. Maka dari itu, penyiraman perlu dilakukan secara teratur dan rutin. Untuk tanaman yang ditanam di area terbuka dan terdapat pasokan sinar matahari sepanjang hari, sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin pada waktu pagi hari dan sore hari. Dengan memberikan air secara cukup, maka akan memberikan persediaan air yang lebih pada tanaman ketika proses penguapan terjadi. Jangan terlalu banyak memberikan air karena jika terlalu basah maka tanaman akan rentan terserang jamur.

  1. Berikan Pupuk dengan Teratur

Proses pemupukan merupakan bagian penting cara merawat tanaman. Peran penting dalam membantu penjagaan kesuburan tanah. Dengan demikian, tanaman hias dan bunga bisa tumbuh dengan baik dan subur. Kamu harus melakukan pemupukan secara rutin dan teratur.

Cara merawat tanaman yang efektif adalah kamu menambahkan pupuk pada saat pupuk sudah mulai hilang karena larut bersama air karena proses penyiraman. Pemilihan pupuk juga merupakan faktor yang harus kamu perhatikan. Pilihlah pupuk alami seperti pupuk kompos yang sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan tanaman.

Maka dari itu, jangan lupa untuk menambahkan pupuk alami ke dalam tanah. Namun, kamu juga bisa memberikan pupuk kimia atau pupuk buatan sesuai dengan kebutuhan. Untuk jenis pupuk buatan, kamu harus memperhatikan komposisi pupuk yang tepat, karena setiap tanaman memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda pula.

  1. Pilihlah Pot dengan Drainase yang Baik

Lubang sirkulasi pot merupakan faktor yang sangat sering dianggap remeh oleh masyarakat pada umumnya. Lubang sirkulasi yang ada pada bagian dasar pot merupakan ruang sirkulasi yang berfungsi sebagai tempat drainase air jika tingkat penyiramannya terlalu berlebihan.

Jika lubang sirkulasi tersebut tersumbat atau bahkan terlalu kecil maka akan mempengaruhi tumbuh kembang tanaman. Kadar air yang terlalu banyak yang tidak dibuang dengan baik, maka akan mengendap dan tersimpan di area dasar pot. Jika keadaan ini terjadi, maka akan memicu tanaman menjadi busuk dan pada akhirnya mati. Maka dari itu, sering-seringlah memeriksa lubang sirkulasi pot tanaman.

  1. Perhatikan Tingkat Kelembaban Udara

Suhu dan kelembaban akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan jenis-jenis bunga ataupun untuk beberapa jenis tanaman hias tertentu. Beberapa jenis tanaman ada yang tahan terhadap cuaca panas dan ada pula yang tidak tahan terhadap cuaca panas. Untuk itu, setiap jenis tanaman harus diberikan perhatian khusus sesuai dengan karakteristik masing-masing tanaman.

Ciri-ciri tanaman yang bermasalah terhadap faktor kelembaban adalah adanya bintik-bintik coklat pada daun. Jika kamu melihat bintik-bintik coklat pada daun-daunnya, maka tanaman tersebut membutuhkan tempat yang lebih lembab. Maka dari itu, segera pindahkan tanaman tersebut ke tempat yang lebih lembab.

  1. Jaga Kesahatan Tanaman dari Hama dan Serangga

Tanaman bisa menarik perhatian hama dan serangga. Meskipun kehadiran serangga dibutuhkan untuk penyerbukan, tetapi ada pula beberapa serangga yang bisa menyebabkan kerusakan pada tanaman. Kamu harus perhatikan agar tanaman bebas dari hama seperti wereng, belalang, kepik, dan lain sebagainya. Jika perlu beri pembasmi hama yang cocok untuk serangga tersebut.

Hama juga bisa berupa gulma atau rumput liar. Maka dari itu, kamu harus rutin membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanamanmu.

 

Itulah beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan untuk merawat tanaman Anda di dalam apartemen. Kegiatan ini rutin dilakukan agar tanaman Anda dapat tumbuh dan memberikan kesan nyaman yang asri dan sejuk untuk hunian Anda. Tanaman adalah salah satu faktor yang mendukung kehidupan manusia, karena dapat menghasilkan oksigen untuk pernapasan dan pembakaran sari-sari makanan di dalam tubuh. Maka dari itu, pelajari cara merawat tanaman dengan baik, agar mendapatkan manfaat yang baik pula.