Gaji 3 Juta? Bisa Kok Punya Apartemen Begini Mengelolanya!

29 Juni 2021 Admin
Gaji 3 Juta? Bisa Kok Punya Apartemen Begini Mengelolanya!

Keinginan memiliki hunian tentunya harapan semua orang, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Memiliki sebuah hunian, terutama rumah tidaklah semudah yang dipikirkan. Pasalnya harga rumah kian hari kian meningkat. Bahkan bagi sebagian orang, memiliki rumah merupakan hal yang mustahil karena gaji yang diterima setiap bulannya sangatlah terbatas. Disamping itu, keadaan ekonomi yang tidak stabil pun menjadi salah satu faktor penghalang untuk mewujudkan memiliki rumah impian.

Lantas bagaimana solusinya? Setiap permasalahan, tentu ada solusinya. Bagi Anda yang memiliki gaji 3 Jutaan/perbulan bisa kok memili Apartemen! Asalkan disiplin sesuai dengan tips-tips di bawah ini:

1. Buatlah Perencanaan Keuangan

Hal yang pertaman untuk memiliki apartemen dengan gaji bulanan yang pas-pasan yaitu melakukan perencanaan keuangan. Cobalah untuk mencatat semua pengeluaran bulanan. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam masalah keuangan bulanan. Berapa sih biaya bulanan yang dikeluarkan dan untuk apa saja sih pengeluarannya?

Setelah mengetahui jumlahnya, Anda perlu membagi gaji setiap bulannya. Bedakan antara pengeluaran, tabungan, dan juga uang Down Payment (DP). Sisihkanlah setidaknya 20% dari gaji digunakan untuk tabungan DP. Karena untuk dapat mengikuti program cicilan, setidaknya harus bisa membayar DP minimal 20% dari harga aprasial hunian.

2. Pilih KPA yang Tepat

Kini sudah banyak bank yang menyediakan dan menawarkan program KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) dengan mudah. Tapi ketika kalian akan mengikuti program ini, pilihlah KPA dengan tepat karena pada program KPA ini cicilan yang diberikan juga berbeda-beda tergantung bank penyedia. Cobalah pilih bank yang menawarkan program cicilan 10 hingga  15 tahun dan bunga cicilannya rendah. Kenapa begitu? Karena hal ini untuk memudahkan kalian dalam melunasi dan tidak merasa terbebani ketika membayarnya.

3. Latihan Mencicil

Cobalah untuk berlatih mencicil. Jika Anda bukan termasuk orang yang suka menyicil barang, maka perlu berlatih jika berniat untuk membeli sebuah rumah. Kenapa hal ini perlu Anda lakukan? Karena hal ini bisa Anda jadikan tolak ukur, apakah cicilan ini menambah beban setiap bulan atau malah justru meringankan dan seberapa sanggup Anda menjalankan cicilan tersebut.

Nah, jika Anda merasa cicilan tersebut menambah beban, maka janganlah terburu-buru mencicil Apartem. Tapi jika sebaliknya sama sekali tidak membebankan, ini berarti Anda sudah siap membeli rumah dengan cara mencicil.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Jika memang gaji bulanan Anda dirasa belum cukup dan membuat diri sulit menggapai apa yang sudah jadi impian, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan/kerja sampingan. Tapi ingat, carilah jenis usaha yang tentunya sesuai kemampuan ekonomi kalian, agar nantinya tidak memberatkan diri saat menjalankannya.

Bagaimana, sudah siap memiliki hunian Apartemen? Jika tabungan Anda sudah mencapai 20% nya dari harga rumah, itu tandanya Anda sudah siap untuk ikut program KPA. Ayo ajukan sekarang sebelum harga apartemen melambung tinggi dan dapatkan rumah impian Anda!